Sabtu, 22 September 2012

continue.. 20092012


Jam menunjukan pukul 13.18 wib pada tgl 19 september 2012, belum ada pikiran mau ngapain utk menyambut ulang tahun seorang bocah yang sedang beranjak ABG umurnya sudah hampir 15 tahun, umur-umur yang sedang nakal-nakalnya, umur yang susah untuk dikendalikan, umur yang gak bisa untuk menahan emosi jiwa, umur yang sakral. Ini tahun ke-3 gua kenal dengan anak ini. Sepertinya tahun ini juga gak bisa ke malang lagi untuk ngucapin langsung ke dia. Berbicara langsung dihadapannya “selamat ulang tahun de” sambil menunjulurkan tangan kearahnya. Gak bisa lihat ekspresi wajahnya pada saat gua ngucapin langsung. Mungkin ekspresinya bisa jutek, bisa senyum-senyum gak jelas, bisa biasa aja datar tanpa ekspresi bahkan wajahnya bisa cemberut seperti kertas yang dilipat 7 lipatan atau seperti kue putu yang
ditaburi serabutan kelapa, berantakan. 

Jarum pendek sudah sejajar dengan jarum panjang, si pendek sudah tepat di angka 6 dan sipanjang sudah dibawah angka 12 itu berarti 6 jam lagi dia akan berulang tahun. Gua masih asyik mengunyah kue astor yang tersedia ditoples yang ditaruh nyokap dimeja ruang tamu. Gua sendiri masih bingung mau ngapain untuk nyambut ulang tahun anak ini. Tahun pertama 2010 gua hanya lewat sebuah alat komunikasi telepon, ya lewat bbm, seperti teman-temannya yang lain, gak ada yang spesial, gak ada surprise, gak ada apa-apa untuknya. Maaf cuk …
 
2011 tahun kedua gua mengenal sosok bocah ini, seperti masuk kedalam lubang waktu yang sama ditahun 2010 silam, sepi, kosong, gelap seakan langit ingin memberi butiran-butiran kecil yang turun dari rumah awan. tahun kedua ini gua hanya bisa menelponnya, dari suara serak-serak medoknya terdengar dia sedang berbahagia seperti anak kecil yang dapat permen dari ibunya. disaluran antar provinsi itu gua memberikan seperangkat doa dan candaan ke dia. dasar bocah hanya guyonan yang sering keluar dari pembicaraan tersebut, senang rasanya bisa berbicara langsung pada saat itu. tapi pikiran gua meraung-raung karena tak bisa hadir secara langsung untuk mengucapinya. maaf lagi cuk...

23.37 19 september 2012, malam ini ibu kota hujan. ibu? iya ibu! sebentar maksudnya ibu? iya ibu! gak perlukan diulang untuk ketiga kalinya?, seperti roda bajaj saja. ibu kota itu berbeda dari ibu, mama, bunda, dan emak, sama tulisan namun beda arti. kenapa tiba-tiba saja ngomongin soal ibu? apa maksudnya? coba perhatikan kota tangerang selatan tepatnya dipamulang pada saat detik, menit, jam, hari ini, hujan bukan? hujan yang cukup langka dibulan september. walau hujannya hanya sebentar. hujan datang tanpa permisi dan pergi tanpa salam namun ia memintah izin terdahulu kepada tuhan. tuhan? iya tuhan yang telah mengatur turunnya hujan ini dan tuhan pulalah yang menakdirkan ibu bocah ini pergi meninggalkannya. maksudnya? ya mungkin tuhan sengaja menurunkan hujan sebagai requestsan dari sang mendiang ibunda bocah tersebut untuk hadiah dari kayangan. maksudnya ibu dari bocah itu? ibu yang dari ia balita sudah pergi meninggalkannya? ibu yang seharusnya ada pada saat dia berulang tahun? ibu yang memberikan selamat ulang tahun untuk pertama kali ke anaknya? ibu yang menciumnya disaat ia bertambah usia? sekarang diumurnya yang ke-15 tahun ini apakah ibunya tau dia berulang tahun? pertanyaan yang bodoh! tenu saja ibundanya tau dari surga. lalu bagaimana dengan perasaan bocah tersebut? apa ia merasa kangen? atau kangen banget? atau luar biasa kangennya?, ibarat seorang raja yang sedang menunggu ratunya selama berabad-abad. bocah itu pasti rindu, rindu sekali, rindu tiada batas. 

kawan coba rasakan, merasakan kehebatan bocah ini sebentar aja. Sekarang coba kawan resapi ke lubuk hati. Kalian tak perlu membayangkan wajah bocah tersebut saat ini, tapi getarkan jiwa kalian pada saat bocah ini lahir kedunia saat itu, kecil, putih, dengan tangisannya yg membuat ibundanya saat itu merasa bahagia krn berhasil mengeluarkan seorang bayi laki-laki dari rahimnya. mungkin saat itu ibu dari bayi ini menangis bahagia dan menciuminya utk pertama kali sebagai seorang anak. Ekspresi wajah ibunya yg cantik, yg sejuk jika dilihat, seperti peri angkasa. ia merasa sakit pada saat melahirkan namun hilang saat itu juga, saat seorang bocah laki2 keluar setelah selama 9 bulan dikandungnya. Namun kebahagiaan itu hanya utk beberapa tahun kawan, tidak lebih dari 2 tahun sang ibu menyusuinya, mendekap hangat kedadanya jika ia menangis, menciumnya saat anak laki-laki itu lapar dan haus, Kalian bisa merasakannya? Tuhan.. Apa ini adil utk dirinya? Saat ia masih balita anak itu sudah ditinggal ibunya, iya ditinggal utk selama-selamanya. Jadi selama ini anak laki2 ini belum merasakan dicium sayang ibunya? dimanja ibunya? diomeli ibunya pada saat ia nakal?, pernah! anak ini pernah merasakannya, tapi... Pada saat ia balita, pd saat ia belum mengerti, pada saat ia belum bisa berbicara, mungkin beda jika ia masih hidup saat ini, anak ini akan memberikan lontaran kata ke ibunya, "mami terima kasih sudah menciumku, sudah membelai rambutku, sudah menyusuiku, sdh menggantikan popokku, namun sebelum aku mengucapkan secara langsung kalimat2 tersebut,knp mami telah pergi ke surga?" Atau pada saat ia ingin berbicara kpd sang bunda "mami nanti aku mau maen futsal, doain ya, mami mau nonton aku?, mami aku lagi bete sama tmn aku,dia ngeselin,apa yg hrs aku lakuin mami ke tmn aku itu?" Andai saja ia masih hidup pastilah ia akan memberikan nasihat kepada anak tercintanya, namun sebelum anak ini sempat berbicara langsung, tuhan sudah memanggilnya, ternyata tuhan lebih sayang kepada ibunya. Air mataku jatuh ..
 Jangan menangis kawan, lihat langit sudah berhenti mengeluarkan air matanya, tak perlu seperti itu, 5 menit lagi, apa yg hrs gua lakukan? Apa gua harus meminjam pintu kemana sajanya doraemon? Sehingga gua bisa langsung datang kerumahnya skrg? Atau mencari mesin waktu utk kesana? Jgn lupa membawa kue dan lilin diatasnya, andai saja itu terjadi. Kalian dengar? Guntur msh bersuara dilangit, seakan akan menyambut hari yg spesial utk bocah ini, apa itu requestan dari ibunya kembali? Gua terdiam sejenak utk berdendang bersama alunan guntur malam ini. 

Gua ga sanggup lihat jam skrg, seakan gua melihat 4 bola mata yg lagi melotot ke arah gua, iya bola mata yg mengartikan ditahun ke 3 ini gua gak bisa hadir lagi secara langsung utk mengucapkan "selamat ulang tahun de" tepat 00.00 20september2012 .. Gua terdiam sejenak .. "Hoii" , masih menuggu balasan darinya sambil menonton tv siaran badminton favorit gua, yg sedang bermain tunggal putra antara jawa tengah dan jawa timur. Ngomong2 jawa timur terakhir kesana itu tahun 2010, datang pd saat ada acara meet and greet bocah tersebut. Umurnya kira2 masih 13tahun, kalo kata org angka sial, tp tidak untuknya. Sudah setengah jam lebih huruf D tersebut belum berubah menjadi R sepertinya ia sudah tidur ..
Jam 05.40 pagi,setelah gua sholat subuh dan ingin memejamkan mata kembali, tetiba hp berbunyi langsung gua ambil dan gua lihat,ternyata balasan dari bocah itu "opo" ... Sengaja gak gua bls..

18.04 20 september 2012, lengkingan adzan magrib terdengar dari berbagai penjuru kota pamulang, setelah gua selesai sholat entah dari mana kepikiran utk bbm bocah itu lagi, "woiii" ,tumben gak lbh dr 2 menti bbm gua diblsnya "opo jancok?" ,hemm... Setan yg ada ditelinga kiri gua berbisik, udah ga ush dibls, biarin aja, bikin dia kesel dulu, gua pun mengiyakan perintah itu. gua punya rencana bikin dia keki alias jengkel dgn perlakuan gua ini, gak sekedar di bbm aja, di twitter pun gua mention dia berkali-kali dengan tulisan seperti ini @iamalvinjo_ woiiii, atau @iamalvinjo_ woiiiiiiiiiiiiiiiiii, atau mungkin seperti ini @iamalvinjo_ woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii. selang berapa menit kemudia dia membalasnya @Aditfranstioran opo dampod?. sebentar arti dampod itu apa ya? -__-. gua mulai ngerjain dia lagi @iamalvinjo_ woiiiiiiiiiiiiiiiii. 

Suasana restoran ini cukup nyaman dan mewah, de alv menggunakan kemeja hitam dibalut kulit putihnya yg mencolok, cukup gagah utk malam ini. keluarga sindhunata sedang merayakan hari ulang tahun seorang anak laki2, semua datang pada malam ini, semua memberikan selamat kepada nya. Dimeja makan sdh tersedia berbagai jenis makanan enak dan lezat yg siap utk disantap. Lihat dipojokan bangku itu ada seorang perempuan cantik bermake up percis seperti ibundanya, mirip! Ia sedang mengunyah makanan dgn bibir merahnya yg bergoyang. Ada seorang laki2 disampingnya, siapa dia? "Biar aku yg mengelapkan sisa makanan yg ada dibibirmu itu, celetuknya" ia pun segera mengambil tisu yg ada dimeja dan membersihkan sisa makanan disebelah bibir merah perempuan itu, "thx you" blsnya. Seorang pelayan membawakan kue yg cukup besar ke arah meja bulat itu, diatasnya terdapat lilin berbentuk angka 1 dan 5 , "silahkan taruh disitu aja pak", celetuk seorang wanita tua yg masih terlihat anggun. Semua yg ada disana pun bernyanyi bersama-sama, mendendangkan lagu happy birthday, tiup lilinnnya dan suatu hal yg sakral dlm acara ulang tahun ini, sebuah make a wish. "Ayo make a wish dulu, sebelum ditiup lilinya" tutur perempuan tua yg masih cantik tersebut. "Iya" jwb bocah itu. Sebelum dimatikan lilin-lilin tersebut, ia mengangkat kedua tangannya dan menyatukannya dalam bentuk gengaman didepan wajah putihnya, tak lupa mata sipitnya dipejamkan ,ia pun mulai make a wish dalam hatinya. "Tuhan terima kasih sdh menjagaku selama ini, dan telah memberikan keluarga dan teman-teman yg sayang kepadaku dan tuhan aku ingin engkau kabulkan make wish ku yg 1 ini aku mohon tuhan, tuhan bisakah engkau menghidupkan mamiku kembali walau hanya 1 hari ini saja? 1hari dimana aku sedang berulang tahun? apa engkau bisa tuhan? Jika itu tdk masuk akal, aku ingin nanti pd saat aku tidur, aku bisa bertemu dengannya, walau hanya dalam mimpi"  ,lilin itu pun padam ditupnya. Fuhhh..
Adittttt bangunnn itu ada temennya, aditttt.. Teriakan itu sepertinya gua kenal, pintu kamar terbuka dan gua kaget ternyata nyokap udh ada didalam kamar, additttt bangun itu ada temennya, katanya mau main bulutangkis, gua terperanjat dari tempat tidur, ternyata itu hanya mimpi, sebuah khayalan gua tentang perayaan ulang tahun bocah itu.. Gua pun bersiap2 utk bermain badminton

23.30 20 september 2012 anjrit gua kalang kabut, udah jam segini gua blm ngucapin ke bocah itu, kirain td selesai main badminton jam 10an tp malah jam segini baru selesai, sinyalpun ga bersahabat pending merajarela, aduh apa sempet gua ngucapin ditanggal ulang tahun dia? "De alvvvvvvvvvv", "alvin jooooooo", "ping,ping,ping", "Deeeeeeeee woiii woiiii bacaaaa buruuuu (۳˚Д˚)۳",gua tunggu beberapa menit gak dibaca2 juga, kalang kabutlah gua. "De aku e sengaja mau ngucapin selamat ulang tahun ke kamu dimenit-menit akhir, mau ksh suprise gitu ceritanya, eh koe udh tidur, gagal suprisenya (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)" .. Tiktoktiktok belum dibaca, aduh gimana ini, sedangkan jarum jam terus berputar, sang jarum panjang sepertinya tak sabar utk bertemu si angka 12 dan itu artinya 21 september akan datang, ayoooo bacaaaaaaa, 15 menit lagi si angka 21 hampir tiba, dan dia blm bangun juga, apa yg hrs gua lakuin? Suprise gua gagal total, tuhan.. Saya merasa bersalah, saya merasa seperti orang idiot. Sambil cari-cari akal, gua tlp ke hp nya, nyambung, tut tut tut tut, tp ga diangkat-angkat, gua coba tlp lagi, tut tut tut tut gak diangkat jg, langsung aja gua bbm tasya, "sya ademu udh tdr?", "udah kayanya aku lg gak dimalang dit, tlp aja", "udah tp ga diangkat-angkat,piye iki, aku mau ksh kejutan tp malah gagal", "salah sendiri kakean gaya, mau ksih suprise malah gagal,lol", "piye iki sya,piyeeee", "tlp aja kerumah, kali aja ada yg angkat", "ya ga sopanlahlah jam segini tlp rmhmu", "yaudh tlp oma aja klo gitu", "ya itu malah tambah ga sopan tasya,yaudah deh,thx you ya", "20september udahan lols, kasian deh ga make sense".celetuk tasya. 5 menit lg jarum panjang jam seakan busur panah yg ingin lepas menusuk mata gua, gak ada cara lain, gua hrs ngucapin dia dibbm skrg juga, mumpung msh tgl 21 september, meskipun bocah itu gak baca pas tgl 20nya namun setidaknya gua ngirim ucapan masih ditanggal 20 september walau nanti dia bacanya pas tgl 21, iya itu slh satu cara bodoh yg hrs lo lakuin dit "Yaudah mumpung msh tgl 20 september 2012, aku mau ngucapin, "selamat ulang tahun de alv, semoga apa yg kamu cita-citakan, apa yg kamu harapkan dapat terwujud, aku selalu dukung kamu apapun yg terjadi, sehat,sukses selalu <=-P " .. Teng teng teng sang tanggal sdh berganti, jarum panjang dan pendek telah bersatu kembali dipangkuan angka 12, rasa sesal menggelantung dipikiran, ada rasa bersalah, ingin beri kejutan malah gua yg terkejut, nasib..

05.45 21 september 2012 masih ada rasa bersalah, tp itu gua tepis setelah led bb berubah warna menjadi merah bertanda ada bbm masuk, ada yg bisa tebak dari siapa bbm itu? Yah benar, bocah itu membalas bbm gua disaat pagi2 buta, hebat dia sdh bisa bangun pagi hahahaha, "hahaha bodoh, yo", blsnya. hemm.. Dia malah ketawa dan gak lupa kata2 andalannya dia YO. Pagi ini jg hrs bls bbmnya gak ush ditunda-tunda lg, gak ush ikutin kata setan kembali, mungkin krn td abis sholat suara malaikat lah yg terdengar dikuping gua. " "Dia" kemarin ngucapin HB de?" , "enggak",blsnya, "parah tuh anak", "hahaha",Tawanya. 

Kejutan enggak selalu jadi suprise, yg dikira marah belum tentu menjadi sangar. Kesedihan kita blm berarti kedukaan baginya. Kebahagiaan kita belum tentu dia bisa merasakannya. Bahagia dia adalah bahagia kita. Selamat ulang tahun de alv


2 komentar:

siChiauuuu mengatakan...

kak, boleh tanya ga... itu si 'dia' yang dimaksud di kalimat" terakhir siapa sih? gebetan atau pacarnya Alv? Hehehe *penasaran aja sih*

Bila berkenan bisa dijawab :)

Lysa Febriyantie mengatakan...

'Dia' yang aku tau nggak ucapin hbd tuh cuma............................... yea

Posting Komentar

 
;